Minggu, 17 November 2019

Teddy Yusaldi: Kita Harus Utamakan Musyawarah Mufakat dalam Berdemokrasi

JAKARTA, PemudaMuslimin-News.Com — Bendahara Umum (bendum) Pimpinan Besar (PB) Pemuda Muslimin Indonesia yang juga Sekretaris Umum DPP INSA (Indonesian National Shipowners Association), Teddy Yusaldi, mengatakan musyawarah mufakat dalam mengambil keputusan adalah suatu yang utama bukan sesuatu yang aneh dan baru untuk masyarakat Indonesia maupun dalam kehidupan berpolitik negeri ini.

Keutamaan musyawarah dan mufakat sebagai bagian kehidupan berdemokrasi, kata Teddy, diwujudkan dalam sila keempat dari Pancasila yang berbunyi "Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyarawatan Perwakilan".

"Terkandung nilai pentingnya mengutamakan musyawarah untuk mengambil keputusan, musyawarah untuk mufakat. Saya pribadi selalu mengutamakan azas musyawarah mufakat juga apalagi saya sebagai salah satu pengurus inti pada Pimpinan Harian PB Pemuda Muslimin." kata Teddy, Ahad (17/11/2019).

Salah satu Pengusaha Pribuni lokal yang banyak berinvestasi dan bangun Hotel di Lombok khususnya kawasan KEK Lombok ini juga mendefinisikan pendapatnya arti dari Syuro atau Musyawarah Menurut Islam. bahasa, syuro memiliki dua pengertian, yaitu menampakkan dan memaparkan sesuatu atau mengambil sesuatu [Mu’jam Maqayis al-Lughah 3/226].

Sedangkan secara istilah, beberapa ulama terdahulu telah memberikan definisi syura, diantara mereka adalah Ar Raghib al-Ashfahani yang mendefinisikan syura sebagai proses mengemukakan pendapat dengan saling merevisi antara peserta syura [Al Mufradat fi Gharib al-Quran hlm. 207].

Ibnu al-Arabi al-Maliki mendefinisikannya dengan berkumpul untuk meminta pendapat (dalam suatu permasalahan) dimana peserta syura saling mengeluarkan pendapat yang dimiliki [Ahkam al-Quran 1/297].

"Pastinya kita harus selalu mengedepakan musyawarah mufakat," kata Bendum Pemuda Muslimin Indonesia.
Seperti kita ketehui bersama sebentar lagi Pemuda Muslimin Indonesia akan menggelar Perhelatan Nasional dalam 5 (Lima) dan  kami sudah terbiasa dengan Musyawarah, sejak dulu kultur Organisasi yang didirikan pada 25 November 1928 oleh Haji Agus Salim ini melangsungkan Perayaan Musyawarah ini dengan sebutan Majelis Syuro.

Saya menghimbau kepada Pengurus dan kader diseluruh Indonesia untuk hadir merayakan musyawarah Majelis Syuro XIII (Kongres Nasional) pada 28 November-01 Desember 2019 bertempat dikota Bogor. tutupnya.

Share:

PILIHAN REDAKSI

Muhtadin Sabili Ditetapkan Jadi Ketua Umum PB Pemuda Muslimin Lewat Aklamasi

Bogor, PemudaMuslimin-News.Com — Forum tertinggi organisasi Majelis Syuro (Kongres Nasional) Pemuda Muslimin Indonesia  menyepakati dan m...

Terbaru