Minggu, 22 September 2019

Jelang Majelis Syuro XIII Ketum PB Pemuda Muslimin Hadiri Pelantikan Pengurus PC Pemuda Muslim se-Sumatera Barat


Jakarta, PemudaMuslimin-News.Com — Pemuda Muslimin Indonesia (Pemuda Muslim) gelar Marhala Ula dan pelantikan Pengurus Pemuda Muslim se-Sumatera Barat di Muaro Sijunjung, Jumat-Minggu (20-22/9/2019). Menurut Ketua Umum Pimpinan Besar (PB) Pemuda Muslimin, Muhtadin Sabili, organisasi ini merupakan wadah pendidikan perjuangan regenerasi dari Syarikat Islam Indonesia.

Pemuda Muslimin Indonesia dideklarasikan di Yogyakarta pada 25 November 1928, sebulan pasca Kongres Pemuda I di Batavia atau dikenal dengan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Salah satu pendirinya adalah H. Agus Salim.

“Pemuda Muslimin sempat vakum selama 40 tahun pada masa rejim Orde Baru, dibungkam, karena Politik Belah Bambu yang berlaku saat itu,” tuturnya. Pada 2009 Pemuda Muslim kembali bangkit, kata Muhtadin, dan merapikan kembali gerakannya. Saat ini, sudah terdapat pengurus Pemuda Muslimin Indonesia di 30 provinsi dan 300 di kabupaten-kota.

Beberapa dekade organisasi ini sempat menghilang dan timbul tenggelam seiring perpecahan yang terjadi di tubuh Partai Syarikat Islam Indonesia 1905 pada tahun 1974 yang berfusi ke dalam tubuh Partai Persatuan Pembangunan. Pada pemilu tahun 1997 dua Partai Syarikat Islam Indonesia muncul, yaitu PSII dan PSII 1905 dan kemudian kembali berubah menjadi Syarikat Islam Indonesia (SI Indonesia).

Sementara di Sumatera Barat, pengurus Pemuda Muslim sudah ada di 15 kabupaten-kota. “Kegiatan kami di Sijunjung adalah kaderisasi, seminar, dan pelantikan pengurus,” terang Muhtadin.

Untuk Pimpinan Cabang (PC) Pemuda Muslim Sijunjung sendiri telah memperoleh SK pada 23 Juli 2019, “Pemuda Muslim Kabupaten Sijunjung telah mendapatkan SK pada 23 Juli 2019, dengan tandatangan langsung oleh Ketum PB Pemuda Muslimin Indonesia, M. Muhtadin Sabili dan Sekretaris Jenderal Evick Budianto, sekaligus juga, hari ini (22/9/19) merupakan hari pelantikan yang digelar khusus di Kabupaten Sijunjung”, tambah Ketua Pemuda Muslimin Sijunjung, Aris Bandaro Malin Sati.

Sebagai organisasi kepemudaan yang masih terbilang baru, Pemuda Muslimin Sijunjung selain aktif dalam kegiatan pengkaderan juga telah berkiprah dalam beberapa kegiatan sosial yang tujuannya adalah untuk pembangunan masyarakat di Kabupaten Sijunjung. Tutupnya.
Share:

PILIHAN REDAKSI

Muhtadin Sabili Ditetapkan Jadi Ketua Umum PB Pemuda Muslimin Lewat Aklamasi

Bogor, PemudaMuslimin-News.Com — Forum tertinggi organisasi Majelis Syuro (Kongres Nasional) Pemuda Muslimin Indonesia  menyepakati dan m...

Terbaru