Jumat, 10 November 2017

Pemuda Muslim Hadiri Undangan Upacara Hari Pahlawan di KRI Soeharso

JAKARTA, PemudaMuslimNews – Ketua Umum PB Pemuda Muslimin Indonesia (Muhtadin Sabili) didampingi Sekjen beserta jajaran pengurus lainnya ikut dan hadiri Upacara peringatan Hari Pahlawan di atas KRI dr Soeharso-990, diperairan Laut Jawa.

Upacara tabur bunga dilaksanakan dari geladak KRI dr Soeharso 990 yang berlabuh di dermaga JITC Tanjung Priok Jakarta dengan komandan upacara Letkol infantri Triono yang sehari-hari sebagai Komandan Yonif Mekanis 203. Pada pukul 07.00 WIB, kapal rumah sakit milik TNI Angkatan Laut tersebut berlayar menuju perairan Teluk Jakarta atau tepatnya di Pulau Damar, sebagai tempat tabur bunga dilakukan. 

Upacara kali ini di pimpin OSO dan peserta upacara dari unsur Ormas Kepemudaan Pemuda Muslimin Indonesia, HMI, HIMMAH, SEMMI, KAMMI, GMNI, FKPPI, TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan lainnya mengheningkan cipta. Suasana hening di kapal yang berjalan pelan di atas laut dengan ombak yang cukup tenang.

Tak terkecuali Soepranoto. Veteran perang yang sudah menginjak usia 96 tahun itu, terlihat khidmat mengikuti upacara. Meskipun harus duduk di atas kursi roda dan dikawal anggota keluarga. 

Sebelum upacara tabur bunga dilaksanakan diawali dengan mengheningkan cipta, ditandai dengan pembunyian sirene oleh kapal-kapal yang ada di sekitar KRI Soeharso pada pukul 08.15 WIB.

Setelah mengheningkan cipta, OSO didaulat untuk melakukan pelarungan bunga ke laut. Ia berjalan ke arah lambung buritan kapal melaksanakan pelarungan bunga sebagai tanda penghormatan kepada arwah para pejuang bangsa yang telah gugur mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Tanda penghormatan kepada arwah para pejuang bangsa yang telah gugur mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Upacara di KRI Soeharso 990 berlangsung khidmat. KRI dikeliling kapal pengawal dari pasukan elite TNI AL.
 "Hikmah dari acara ini adalah, penghormatan terhadap perjuangan para anak bangsa yang mendahului kita maupun yang masih hidup. Waktu berjuang, mereka bersatu tanpa mempertentangkan asal-usul, agama, perbedaan suku dan ras. Mereka untuk persatuan bangsa ini," kata OSO.

Ia berharap masyarakat Indonesia yang hidup setelah kemerdekaan bisa mencontoh semangat para pahlawan. Anak bangsa yang ada sekarang harus mampu mengisi kemerdekaan yang telah diraih, tanpa membeda-bedakan latar belakang.

"Kita kembali ke satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa," tutur OSO?.

"Sekarang ini pahlawan-pahlawan kemakmuran, pahlawan perdamaian, pahlawan yang menyatukan anak bangsa. Itu yang menjadi pahlawan sekarang. Kita tidak bertempur lagi tapi harus dapat menyatukan anak bangsa, dapat membangun Indonesia," katanya.

OSO mengungkapkan, ekonomi dan Indonesia harus terus dibangun. Terutama di kawasan daerah. "Dapat membangun ekonomi dan daerah-daerah itu harus disatukan harus disatukan infrastruktur daerah harus dibangun," ungkapnya.

Testimoni :  
 Harry Soeratin, Sekjen Kementerian Sosial 
“Kegiatan ini sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa dan perjuangan para pahlawan dan pejuang yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi tetap utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia”

Evick Budianto, Sekjen PB Pemuda Muslim
"Salam Ta'zhim kami pada pahlawan yang tak dikenal, tak bergelar, tak disebut dalam buku ajar, tak diingat dalam do'a & upacara nan hingar?

Oesman Sapta, Ketua DPD RI 
"Hikmah dari acara ini adalah, penghormatan terhadap perjuangan para anak bangsa yang mendahului kita maupun yang masih hidup. Waktu berjuang, mereka bersatu tanpa mempertentangkan asal-usul, agama, perbedaan suku dan ras. Mereka untuk persatuan bangsa ini,"

Ketua Umum PW Pemuda Muslim DI Yogyakarta
Jogjakarta, Aji Andrianto, juga mengharapkan hal yang sama. Baginya, ini momentum yang harus dijadikan sebagai ajang pemersatu anak Bangsa.
Share:

PILIHAN REDAKSI

Pemuda Muslimin Indonesia Sikapi Insiden Pembakaran Bendera Tauhid di Garut

JAKARTA, PemudaMusliminNews - Insiden pembakaran terhadap bendera Tauhid dengan tulisan "Laa ilaaha illallah, Muhammad Rasulullah&quo...

Kabar Viral

Kantor redaksi

Redaksi Pemuda Muslim News | Jl. Tanjung Duren Barat 3 No. 1B, RT 06 / RW 05, Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat 11470 | Phone: +62 21 56943151 | Faks: +62 21 56943154 | eMail: pemudamuslimin@gmail.com | Portal: http://pemudamuslimin-news.com