Rabu, 03 Mei 2017

Ini Pesan Ketua Pemuda Muslim di Diskusi Keummatan Harian Amanah

MAKASSAR, PemudaMuslimNews - Ketua Umum Pimpinan Wilayah Pemuda Muslimin Indonesia Prov. Sulsel, Muhammad Kasman, mengingatkan bahwa tantangan terbesar gerakan literasi dalam rangka mencerdaskan umat adalah, menyadarkan umat akan urgensi tradisi literasi.

"Jangan belum apa-apa, sudah bicara tenga bagaimana menerbitkan buku, mengurus ISBN,  dan segala tetek-bengek perbukuan!" Tegas Kasman menjadi salah satu narasumber pada Diskusi Keummatan Harian Amanah, Rabu (03/05/2017).

Menurutnya, hal fundamental yang perlu dilakukan pertama kali adalah memberi alasan bagi masyarakat sehingga mereka meyakini bahwa membaca dan menulis sebagai bentuk material tradisi literasi merupakan kebutuhan dasar sebagaimana makan, minum dan bernafas.

"Bila pemahaman seperti ini terbangun, kita tak akan kesulitan untuk mengajak masyarakat untuk membaca dan menulis. Soal medianya, tak harus langsung buku, mading saja tak apa, menerbitkan buku itu urusan kesekian!" Lanjutnya.

Gerakan Literasi, menurut Kasman, hanya bisa sehat pada masyarakat yang berkeyakinan sedemikian. "Kata kunci gerakan adalah empati dan pertisipasi, bukan program top-down yang dijalankan pemerintah. Pelibatan semaksimal mungkin masyarakat adalah kunci gerakan."

"Bila sebuah gerakan literasi miskin empati dan partisipasi masyarakat, maka itu bukan gerakan! Gerakan literasi harus dibangun dengan memanfaatkan sumberdaya dan berbasis pada modal sosial masyarakat,bukan mengharap bantuan pemerintah." Pungkas Kasman.
Share:

PILIHAN REDAKSI

Pemuda Muslimin Indonesia Sikapi Insiden Pembakaran Bendera Tauhid di Garut

JAKARTA, PemudaMusliminNews - Insiden pembakaran terhadap bendera Tauhid dengan tulisan "Laa ilaaha illallah, Muhammad Rasulullah&quo...

Kabar Viral

Kantor redaksi

Redaksi Pemuda Muslim News | Jl. Tanjung Duren Barat 3 No. 1B, RT 06 / RW 05, Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat 11470 | Phone: +62 21 56943151 | Faks: +62 21 56943154 | eMail: pemudamuslimin@gmail.com | Portal: http://pemudamuslimin-news.com