Rabu, 11 Februari 2015

Selusin PR Utama Kader Pemuda Muslimin Indonesia

ESAI, PemudaMuslimNews - Sepintas saja mendengar kata PR (Pekerjaan Rumah) menjadikan semua manusia-manusia yang sedang mencari ilmu pada lembaga-lembaga formal maupun informal menghela nafasnya dalam-dalam pada kondisi kekinian. Kenapa demikian? Karena ada sesuatu yang materiil dan non-materiil yang mesti dikorbankan untuk menyelesaikan PR tersebut, sementara harus ada satu yang menjadi prioritas diantara kedua itu.

Kaitannya dengan Pemuda Muslimin Indonesia (Baca; PEMUDA MUSLIM) hari ini adalah bagaimana setiap kader PEMUDA MUSLIM mampu menyelesaikan PR yang harus diselesaikan oleh setiap kader dengan berbagai macam upaya, bahkan bisa memulai kembali pada titik nadir, pada masa awal pergerakan PEMUDA MUSLIM pada saat mulai berdiri dimuka bumi ini, bumi Insya Alloh masih Indonesia. Artinya setiap kader mutlak berkorban untuk menyelesaikan PR hari ini bahkan PR yang ditinggalkan oleh kader-kader terdahulu. Karena PR yang akan diselesaikan adalah PR bersama untuk kemaslahatan Ummat dan Bangsa.

Apakah PR itu?
PR Utama yang harus segera diselesaikan berhubungan dengan 12 huruf yang yang membentuk kata PEMUDA MUSLIM, yaitu:

P = Pantang menyerah dalam berjuang dan berdakwah.
E = Etos kerja harus semakin bertambah dan berdaya manfaat.
M = Memberikan solusi atas segala permasalahan ummat.
U = Utamakan Allah SWT sebagai sandaran gerak perjuangan.
D = Dinamis dalam menjalankan amanat ummat.
A = Aktif bersosialisasi dgn segenap kekuatan pemuda Islam yang ada.
M = Mencari terobosan baru dlm menghadapi tantangan zaman.
U = Unjuk kemampuan (bukan takabur) dalam setiap even dakwah.
S = Selalu kedepankan asas tasamuh, ta'aruf, & takafulul ijtima'i.
L = Lembut terhadap sesama muslim, keras terhadap kekufuran.
I = Inisiatif dlm memberikan pencerahan perjuangan Islam wal Muslimin.
M = Menjadi tauladan ummat sebagaimana kepribadian Rasulullah SAW.

Yakni PR yang berkaitan Pemuda, artinya Pemuda merupakan suatu umur yang memiliki kehebatan sendiri, menurut DR.Yusuf Qardhawi ibarat matahari maka usia muda ibarat jam 12 ketika matahari bersinar paling terang dan paling panas. Pemuda mempunyai kekuatan yang lebih secara fisik dan semangat bila dibanding dengan anak kecil atau orang-orang jompo. Pemuda mempunyai potensi yang luar biasa,bisa dikatakan seperti dinamit atau TNT bila diledakan. Subhanallah. 

Sejarah pun juga membuktikan bahwa pemuda berperan penting dalam kemerdekaan.Dimana saja, di negara mana saja kemerdekaan tak pernah luput dari peran pemuda. Karena pemudalah yang paling bersemangat dan ambisius memperjuangkan perubahan menuju lebih baik. Hasan Al Banna seorang tokoh pergerakan di Mesir pernah berkata, "Di setiap kebangkitan pemudalah pilarnya, di setiap pemikiran pemudalah pengibar panji-panjinya. "Begitu juga dalam sejarah Islam, banyak Pemuda Muslimin yang mendampingi Rasulullah dalam berjuangan sperti Mushaib bin Umair , Ali bin Abi tholib, Aisyah dll.Waktu itu banyak yang masih berusia 8,10 atau 12 tahun. Dan usia-usia itu tidak dapat diremehkan.Mereka punya peran penting dalam perjuangan. Maka dari itu jika ingin Indonesia menjadi lebih baik maka perbaikan itu yang utama ada di tangan Pemuda Muslimin, Perbaikan itu akan tegak dari tangan pemuda dan dari pemuda.

Pemuda Muslim mempunyai banyak potensi. Akan tetapi jika tidak dilakukan pembinaan yang terjadi adalah sebaliknya. Potensinya tak tergali, semangatnya melemah atau yang lebih buruk lagi ia menggunakan potensinya untuk hal-hal yang tidak baik misalnya tawuran dsb.

Sekali lagi , pemuda adalah usia dan sosok yang hebat tapi tidak semua pemuda hebat. Pemuda yang hebat adalah pemuda yang SEPERTI APA...??? Berikut Uraian Admin dibawah ini.. 

1. Berani Bermimpi dan Berani Pancangkan Niat 
Mana mungkin kita sebagai pemuda bisa maju jika bermimpi saja tidak berani. Impian adalah cita-cita maka beranilah bermimipi, bagaimana bisa dapat nilai sembilan dalam ujian praktek, bila bermimipi angka sembilan ada di raport saja tidak berani, bagaimana bisa dapat nilai sembilan jika mimpinya (cita-citanya) hanya dapat 6. Kalau ingin dapat nilai sembilan maka impikanlah nilai sepuluh. Saya pasti bisa dapat 10. impikan saja, bayangkan saja 10 jangan 9,8 apalagi 5. Impian akan menimbulkan niat, niat akan menimbulkan sikap, sikap akan menimbulkan usaha untuk mewujudkan cita-cita. Dan impian juga akan menimbulkan semangat, semangat ibarat api yang akan memicu ledakan potensi yang luar biasa. Maka marilah kita miliki impian, obsesi dan ambisi istilah kerennya POENYA TASTE he..he..he.. seperti iklan aja ya..

Niat. Niat saja tidak berani bagamana bisa berbuat.Niat saja mulai sekarang ,tapi yang baik-baik.Sabda Nabi,"segala sesuatu itu tergantung niatnya.Pemuda harus punya niat. Niat menumbuhkan kesungguhan dalam beramal,keseriusan dalam berfikir serta keteguhan dalam menghadapi penghalang. Niat yang sempurna adalah niat karena Allah dengan landasan iman. Rasulullah bersabda dalam sebuah hadist dari Umar bin Khatab bahwa barang siapa berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya,barang siapa berhijrah untuk dunia yang ia cari atau wanita yang akan dinikahi maka hijrahnya untuk yang ia niatkan. Dengan niat hanya karena Allah SWT percayalah kita semua akan mendapat ridho-Nya Insya Allah.

2. Mulai Dari Diri Sendiri (Andalkan Diri Sendiri)
Pemuda Muslimin yang hebat bukan pemuda yang berkata,"Ayah ku polisi lho.. atau ayah ku gubernur atau bupati loh..., jangan macam-macam sama aku" atau "ayahku kaya, aku minta apa-apa pasti dituruti." Bukan seperti itu, tapi pemuda yang hebat dan berjiwa besar adalah pemuda yang berkata,"inilah diri" atau " menjadi diriku dengan segala kekurangan" kayak nasyidnya es coustic. Pemuda Muslimin yang hebat adalah pemuda yang tidak menyombongkan prestasi ayahnya, pamannya, ibunya atau lain-lain. Mereka sadar, andaikata ayah mereka polisi mereka sadar yang polisi kan ayah bukan saya, klo ayah mereka pejabat yang berprestasi mereka sadar itu prestasi ayah bukan saya, saya harus ciptakan prestasi sendiri.

Jadilah mereka pemuda yang mandiri, dengan kemandirian itu ia terpacu untuk tidak menggantungkan diri pada siapa pun kecuali Allah ,ia menjadi yang tangguh,ia berusaha memacu dirinya menjadi lebih baik dari hari ke hari sampai akhirnya ia bisa merubah  lingkungannya. Ia akan menjadi Pemuda yang percaya diri.

3. Berani Berbuat
Jika sudah punya mimpi dan percaya akan kemampuan sendiri maka yang berikutnya ialah siap action bro. Yup berbuat, berani untuk melakukan aksi-aksi perubahan untuk.


Merubah diri sendiri dengan mengendalikan hawa nafsu,mencari ilmu, memperbaiki ibadah. Berani mencoba untuk sebuah kemenangan tanpa takut gagal. Ingatlah bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.Thomas alfa Edison berhasil menemukan bola lampu pada percobaan ke 14.000, berarti dia telah gagal dalam 13.999 percobaan ,tapi dia tidak menyerah. Berani mencoba, bagaimana mungkin akan menang lomba lari jika mencoba mendaftar lomba saja tidak berani. Berani memulai. Memulai adalah hal yang sulit kata sebagian orang, setelah itu akan berjalan lancar. Maka kita harus berani memulai, walaupun sulit coba dulu, Insya Allah berikutnya berhasil. Mulai dari yang kecil, ingin membersihkan Yogya dari sampah? mulailah dengan kita membuang sampah pada tempatnya.Tidak perlu ditunda-tunda mulai dari sekarang, tidak perlu menunggu orang lain mulai dari diri sendiri saja.

Berani beraksi adalah wujud konsisten kita pada apa yang kita yakini, kita impikan. Kita memimpikan membangun Peradaban Indonesia  yang lebih baik maka berani beraksi untuk perbaikan tersebut sesuai dengan kreativitas kita adalah hal yang hebat. Dari yang kecil tidak masalah. Yang penting kita berani.Tatap dunia, hadapi, jangan bersembunyi, jangan hanya bicara not action talk only (NATO) tapi berbuat, beramal.Kita tunjukan bahwa kita pemuda , kita tidak diam tapi bergerak menuju perbaikan yang lebih baik.Bahwa kita tidak duduk, tapi kita berjuang. Talk less to do more...

Saudaraku-sahabatku kita semua adalah pemuda, masa depan negeri ada ditangan kita, Perubahan ada di tangan kita mari kita mencari ilmu, membina diri dengan sekolah yang tekun, ikut mentoring untuk memperkokoh keyakinan, ikut kajian kemudian membina fisik agar sehat dan kuat. Agar kita bisa mengelola dan merubah masa depan Pemuda Indonesia kepada Peradaban yang lebih baik. 
Share:

PILIHAN REDAKSI

Pemuda Muslimin Indonesia Sikapi Insiden Pembakaran Bendera Tauhid di Garut

JAKARTA, PemudaMusliminNews - Insiden pembakaran terhadap bendera Tauhid dengan tulisan "Laa ilaaha illallah, Muhammad Rasulullah&quo...

Kabar Viral

Kantor redaksi

Redaksi Pemuda Muslim News | Jl. Tanjung Duren Barat 3 No. 1B, RT 06 / RW 05, Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat 11470 | Phone: +62 21 56943151 | Faks: +62 21 56943154 | eMail: pemudamuslimin@gmail.com | Portal: http://pemudamuslimin-news.com